12 Dekorasi Rumah 17 Agustus Murah Meriah

Rumah dan Properti
07 Desember 2023
Bagikan:
12 Dekorasi Rumah 17 Agustus Murah Meriah

Hari Kemerdekaan sebentar lagi tiba. Di bulan penuh selebrasi ini, Anda bisa turut menyebarkan semangat kemerdekaan lewat dekorasi hunian bertemakan 17-an. Tak perlu mahal dan ribet, Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah dan mengkreasikannya dengan bujet seminimal mungkin.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, merayakan hari 17 Agustus di rumah merupakan pengalaman yang sayang dilewatkan. Ini merupakan kesempatan langka untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berbagai kegiatan yang seru. Agar pengalaman 17-an Anda dan keluarga semakin berkesan, mendorasi hunian dengan tema kemerdekaan bisa menjadi pilihan.

Tak perlu khawatir soal bujet, banyak ide dekorasi rumah yang bisa Anda aplikasikan dengan modal seminim mungkin. Berikut ini di antaranya:

  1. Pasang bendera Yang satu ini merupakan hal paling umum yang dilakukan oleh setiap rumah tangga. Ketika 17 Agustus tiba, setiap keluarga biasanya mengibarkan bendera merah putih di depan rumah. Hanya bermodalkan tiang bambu dan bendera merah putih, Anda sudah bisa merasakan semangat kemerdekaan di hunian Anda.
  2. Lampion kertas Buat lampion kertas merah putih dengan cara yang mudah dan ekonomis. Anda bisa membuatnya sendiri dengan kertas krep atau kertas origami, lalu menggantungnya di teras atau halaman rumah.
  3. Dekorasi meja makan Hias meja makan dengan alas meja berwarna merah putih atau taplak meja bergambar bendera. Anda juga bisa menambahkan bunga-bunga segar dalam vas berwarna merah putih, sesuai dengan tema 17-an.
  4. Buat dekorasi kertas Buatlah dekorasi berbentuk bintang, burung garuda, atau elemen lain yang berhubungan dengan Indonesia menggunakan kertas karton atau kertas origami. Anda bisa pasang dekorasi dan ornamen-ornamen ini di setiap bagian rumah. Baik itu di gantung atau ditata di atas meja untuk menciptakan suasana kemerdekaan yang semakin kental dalam hunian.
  5. Lambang negara dan foto pahlawan kemerdekaan Satu lagi dekorasi yang bisa Anda pasang saat 17 Agustus adalah lambang negara berupa Burung Garuda atau foto dan lukisan pahlawan-pahlawan kemerdekaan di dalam rumah. Dekorasi seperti ini bisa Anda beli dengan harga murah di toko online atau pedagang kaki lima.
  6. Dekorasi bunga Untuk memberikan nuansa cantik, Anda juga bisa membuat dekorasi bunga dari kertas dengan warna merah dan putih. Cukup letakkan di dalam vas, gelas bening, atau bekas toples bening, dan pajang di meja makan atau meja tamu, maka rumah Anda pun akan terlihat lebih cantik dengan nuansa kemerdakaan yang kental.
  7. Tirai merah putih Jika Anda memiliki gorden atau tirai dengan warna merah putih, Anda bisa memasangnya saat 17 Agustus tiba. Jika tidak memiliki tirai seperti ini, tak perlu membeli tirai baru. Gunakan saja tirai yang sudah ada dan Anda bisa tambahkan ornamen-ornamen merah putih di sekitarnya, seperti hiasan kertas krep merah putih yang dililitkan ke gantungan gorden.
  8. Dekorasi buah-buahan Jika tak ingin repot-repot membuat hiasan kertas atau dekorasi DIY lain, Anda bisa memanfaatkan buah-buahan berwarna merah dan menatanya di meja. Dipadukan dengan piring atau taplak putih, nuansa 17-an juga bisa tercipta dari ide sederhana ini.
  9. Lukisan tema kemerdekaan Selain lukisa atau foto pahlawan kemerdekaan, Anda juga bisa memajang lukisan bertemakan kemerdekaan di dinding rumah, misalnya lukisan perang kemerdekaan atau momen bersejarah dalam histori kemerdekaan Indonesia.
  10. Dekorasi balon Satu lagi yang bisa Anda manfaatkan sebagai dekorasi rumah yang murah meriah adalah balon. Anda bisa memilih balon dengan warna merah dan putih, lalu memasangnya di beberapa sudut rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Balon juga cocok dijadikan dekorasi outdoor, seperti teras atau halaman rumah.
  11. Kreasi lampu LED Gunakan lampu LED berwarna merah dan putih untuk menciptakan suasana meriah di malam hari. Anda bisa menggantungnya di teras, pagar, atau dinding luar rumah. Dekorasi ini akan melengkapi bendera merah putih dan balon yang Anda pasang di depan rumah, sehingga nuansa kemerdekaan semakin terasa di hunian Anda.
  12. Foto keluarga Ide dekorasi 17 Agustus yang terakhir ini cukup unik. Jika Anda tak ingin memajang foto atau lukisan dengan tema kemerdekaan, maka Anda bisa memajang foto keluarga namun tetap dengan tema merah putih. Misalnya dengan latar belakang merah putih atau baju seragam dengan dominasi warna merah putih. Dengan begitu, foto bisa terus Anda pasang di dinding sepanjang tahun walaupun momen 17 Agustus sudah lewat.

Ingatlah bahwa ide-ide di atas dapat disesuaikan dengan bahan dan peralatan yang Anda miliki. Yang terpenting, ciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat patriotisme dalam perayaan Hari Kemerdekaan.

Bagikan:
Artikel Terkait